Ini hanya sebuah ajakan karena setiap muslim harus menjadi bagian dari sebuah jalan kebenaran dalam ber‘amar ma’ruf nahi munkar. Islam akan kuat dan berkembang kalau kita mengambil peran dalam memperkuat keimanan umat islam sendiri dan itu bukan hanya tugas para ulama tetapi juga tugas kita sebagai sesama muslim. Ikuti ajakan ini kalau hati kita ringan dan jangan ikuti kalau kita belum terbuka hati untuk melakukannya. Marilah kita shalat dhuha. Kita semua punya kesibukan dari apel pagi hingga apel siang. Tapi tak adakah waktu barang 5 menit untuk mengerjakan sholat dhuha.

Shalat Dhuha adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta sampai tergelincirnya (kira-kira antara jam 07 sampai jam 11). ShaLat ini dilakukan rasulullah SAW minimal dua rakaat dan maksimal dua belas raka’at dengan salam setiap dua rakaatnya.

Dalam mengerjakan ibadah hendaknya kita tidak mengharap balasan. Kerjakan dengan ikhlas dan yakinlah bahwa ganjaran pasti akan datang. Tuhan tidak pernah mengingkari janjiNya. Tugas kita adalah melaksanakan ibadah dan biarkan Tuhan menyempurnakan sisanya. Dhuha adalah salah satu pembuka pintu rezeki. Bukankah sebagian besar kita selalu merasa kekurangan ?  mengapa kita tidak merayu Tuhan untuk menambahkan rezeki kita dengan mengerjakan 2 atau 4 rakaat sholat dhuha ? Rezeki bukan hanya dalam bentuk uang. Kesehatan adalah rezeki, dilepaskan dari bencana adalah rezeki, naik pangkat dan jabatan adalah rezeki, ditraktir teman juga rezeki, ketenangan hidup adalah rezeki, ada banyak hal yang merupakan rezeki. Rezeki hanyalah batu loncatan. Tujuan sebenarnya adalah ketenangan dan keselamatan kehidupan di dunia dan akhirat. Mari sisihkan waktu 5 menit untuk 2 rakaat shalat dhuha. Lakukan pada jam yang sama setiap hari hingga akan memicu jam biologis di tubuh untuk merasakan sebuah kebutuhan karena munculnya sebuah kebiasaan baru. Lakukan dan lakukan. Jangan berfikir apapun. Jangan berharap imbalan apapun karena imbalan akan datang tepat pada waktunya, bukan pada waktu yang kita kehendaki. Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong. Banyak kesaksian tentang manfaat sholat dhuha. Ada yang ditambahkan rezeki dan berkahnya, mendapat rezeki dari arah yang tidak terduga, diberi kesehatan, pertolongan, lunasnya hutang, dinaikkan pangkat dan jabatan, dan berkah lain sesuai dengan kebutuhan kita karena Tuhan lebih tahu apa  yang kita butuhkan.

Manfaat sholat dhuha lainnya :

Hadits Abu Darda dan Abu Dzar RA, dari Rasulullah SAW, dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia, dimana Dia berfirma : .”Wahai anak Adam, ruku’lah untuk-Ku empat rakaat di awal siang, niscaya Aku mencukupimu di akhir siang” Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

“Sesungguhnya di dalam syurga, ada pintu yang dinamakan pintu DHUHA, maka ketika datang hari kiamat memanggillah (yang memanggil Allah), dimanakah orang yang selalu mengerjakan sembahyang atas Ku dengan sembahyang DHUHA? inilah pintu kamu, maka masuklah kamu ke dalam syurga dengan rahmat Allah”. (Riwayat Thabrani dari Abu Hurairah).

Semoga bermanfaat.